Pendidikan
mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia unuk pembangunan. Derap langkah
pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman
selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan
sebelumnya. Bab ini akan mengkaji mengenai permasalahan pokok pendidikan, dan
saling keterkaitan antara pokok tersbut, faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangannya dan masalah-masalah aktual beserta cara penanggulangannya.
A.
PERMASALAHAN
POKOK PENDIDIKAN
Pada dasarnya ada dua permasalahan pokok
pendidikan yang kita hadapai saat ini, yaitu:
a. Bagaimana semua warganegara dapat menikmati
kesempatan pendidikan.
b. Bagaimana pendidikan dapat membekali peserta didik
dengan keterampilan kerja yang antap untuk dapat terjun ke dalam kancah
kehidupan bermasyarakat.
B.
JENIS
PERMASALAH POKOK PENDIDIKAN
Masalah pokok pendidikan yang menjadi kesepakatan
nasional yang perlu diprioritaskan penanggulangannya ada empat macam yaitu:
masalah pemerataan pendidikan, masalah mutu pendidikan, masalah efisiensi
pendidikan, maslah relevansi pendidikan.
1.
Masalah
Pemerataan Pendidikan
Masalah pemerataan pendidikan adalah persoalan
bagaimana sistem pendidikan dapt menyediakan kesempatan yang
seluas-luasnya kepada seluruh warganegara untuk memperoleh pendidikan.
Masalah ini dapat dipecahkan dengan dua cara yaitu
dengan cara konvensional dan cara inovatif. Cara konvensional misalnya
pembangunan gedung sekolah dan pergantian jam belajar. Cara inovatif misalnya
sistem guru kunjung dan Sekolah Terbuka.
2.
Masalah
Mutu Pendidikan
Mutu pendidikan dipermasalahkan jika hasil
pendidikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Masalah mutu pendidikan juga
mencakup masalah pemerataan mutu pendidikan.
Pemecahan masalah mutu pendidikan dalam garis
besarnya meliputi hal-hal yang bersifat fisik dan perangkat lunak, personalia,
dan manajemen pendidikan.
3.
Masalah
Efisiensi Pendidikan
Beberapa masalah dalam kaitannya dengan efisiensi
pendidikan antara lain:
a. Bagaimana memfungsikan tenaga pendidikan.
b. Bagaimana sarana dan prasarana pendidikan
digunakan
c. Bagaimana pendidikan diselenggarakan
d. Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga
4.
Masalah
Relevansi Pendidikan
Sebenarnya kriteria relevansi cukup ideal jika
dikaitkan dengan kondisi sistem pendidikan pada umumnya dan gambatan tentang
kerjaan yang ada antara lain sebagai berikut.
a. Status lembaga pendidikan yang bermacam-macam
b. Sistem pendidikan tidak pernah menghasilkan luaran
yang siap pakai. Yang ada ialah siap kembang.
c. Tidak tersedianya pete kebutuhan tenaga kerja
dengan persyaratannya yang digunakan sebagai pedoman oleh lembaga-lembaga pendidikan
untuk menyusun programnya
C.
SALING
KETERKAITAN ANTARA MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN
Ada dua. faktor penghambat perbaikan mutu
pendidikan. Yaitu: gerakan perluasan pendidikan untuk melayani pemerataan
kesempatan pendidikan bagi rakyat banyak memerlukan penghimpunan dan pengarahan
dana dan daya. Faktor kedua, kondisi satuan-satuan pendidikan pada saat
demikian mempersulit upaya peningkatan mutu karena jumlah murid dalam kelas
terlalu banyak, tenaga pendidik kurang kompeten, sarana yang tidak memadai, dan
seterusnya.
D.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI BERKEMBANGNYA MASALAH PENDIDIKAN
Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya
masalah pendidikan antara lain: perkembangan iptek dan seni, laju pertumbuhan
penduduk, aspirasi masyarakat dan keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan.
1.
Perkembangan
IPTEK dan Seni
Sejalan dengan berkembangnya arus globalisasi di
negara kita, terutama dengan pesatnya peningkatan teknologi komunikasi, membuat
segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Implikasinya di dalm
masyarakat sangat tersa. Oleh karena itu pendidikan harsu senantiasa
menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
Seni merupakan kebutuhan hidup manusia.
Pengembangan kualitas seni secara terprogram menuntut tersedianya sarana
pendidikan tersendiri disamping program-program lain dalam sistem pendidikan.
2.
Laju
Pertumbuhan Penduduk
Masalah kependudukan dan pendidikan bersumber pada
2 hal yaitu:pertambahan penduduk dan penyebaran penduduk.
3.
Aspirasi
Masyarakat
Belakangan ini aspirasi masyarakat semakin meningkat
sejalan dengan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap ‘reformasi’. Aspirasi
tersebut menyangkut kesempatan pendidikan, kelayakan pendidikan dan jaminan
terhadap taraf hidup setelah mereka menjalani proses pendidikan.
4.
Keterbelakangn
Budaya dan Sarana Kehidupan
Keterbelakangan budaya disebabkan beberapa hal
misalnya letak geografis yang terpencil dan sulit dijangkau, penolakan
masyarakat terhadap unsur budaya baru karena dikhawatirkan akan mengikis
kebudayaan lama, dan ketidakmampuan ekonomis menyangkut unsur kebudayaan
tersebut.
E.
PERMASALAHAN
AKTUAL PENDIDIKAN DAN PENANGGULANGANNYA
1.
Permasalahan
Aktual Pendidikan di Indonesia
Permasalahan aktual pendidikan di Indonesia sangat
kompleks dan semakin berkembang sejalan dengan perkembangan zaman dan kemapanan
sumber daya manusia. Masalah masalah tersebut antara lain:
a. Masalah Keutuhan Pencapaian sasaran
b. Masalah Kurikulum
c. Masalah Peranan Guru
d. Masalah Pendidikan Dasar 9 Tahun
2.
Upaya
Penanggulangan
Beberapa upaya dilakukan untuk menanggulangi
masalah masalah aktual tersebut, diantaranya:
a. Pendidikan efektif perlu ditingkatkan secara
terprogram.
b. Pelaksanaan kegaitan kurikuler dan ekstrakurikuler
dilakukan dengan penuh kesungguhan dan diperhitungkan dalam penentuan nilai
akhir ataupun kelulusan
c. Melakukan penyusunan yang mantap terhadap potensi
siswa melalui keragaman jenis program studi.
d. Memberi perhatian terhadap tenaga
kependidikan(prajabatan dan jabatan)
Love This so much https://www.ecomparemo.com/personal-loan
ReplyDeleteInformasi yang bermanfaat
ReplyDeleteABJAD semesta